Awal kata huruf kapital

Posted by

Delphi        : Delphi 7
Database   : –
Koneksi     : –
Tambahan : –
*note : untuk spesifikasi perlalatan tempur tidak sama dengan diatas harap menyesuaikan
Tulisan pertama ditahun 2014, mohon doanya semoga tahun ini bisa menambah lebih banyak artikel untuk berbagi aamiin…., nah sekarang saya akan mencoba membuat trik sederhana bagaimana membuat inputan menjadi sentence case (huruf besar di awal kata) jadul sih tapi semoga bisa bermanfaat, kalau huruf besar saja atau huruf kecil saja kita bisa langsung merubah pada properties CharCase kalau sentence case samapai saat artikel ini saya tulis, saya belum menemukannya, kalau sampai ada berarti saya yang kuper :D
Oke to the poin saja, kita cukup membuat sebuah fungsi untuk menghandle hal ini, berikut adalah codenya
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
function HurufBesar(Kata:String):String;
var i:integer;
 s:string;
begin
if Kata='' then Abort;
 s:=UpperCase(Kata[1]);
 for i:=2 to Length(Kata) do
 if (Kata[i-1] in [' ',',',':',';','.']) then s:=s+UpperCase(Kata[i])
 else s:=s+LowerCase(Kata[i]);
Result:=s;
end;
Nah sedikit dari penjelasan fungsi diatas, kita buat fungsi dengan nama HurufBesar dengan parameter in Kata bertipe string, dan output berupa string juga, pada line pertama if Kata=” then Abort; maksutnya fungsi dibatalkan jika inputan kosong, untuk mencegah error, setelah ituUpperCase(Kata[1]) karakter pertama dari inputan langsung jadiikan huruf kapital, kemudian dengan array mencari karakter yg sudah di definisikan jika menemukan spasi koma titik dua dan lain-lain sperti di koding maka setelahnya akan diubah huruf kapital seperti itu proses dilakukan speanjang jumlah karakter.
untuk penggunanya saya sudah ujicoba pada Edit, Memo dan ComboBox, khusus di memo jagan menginput dengan enter untuk berganti line karena hanya akan terbaca line pertama saja jadi tulis aja lempeng kalau kata orang Jawa bilang ndlujur tanpa ENTER
sedangkan koding penggunaanya saya letakan di even onExit di setiap objectnya, seperti ini :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
procedure TForm1.edt1Exit(Sender: TObject);
begin
edt1.Text:=HurufBesar(edt1.Text);
end;
 
procedure TForm1.mmo1Exit(Sender: TObject);
begin
mmo1.Text:=HurufBesar(mmo1.Text);
end;
 
procedure TForm1.cbb1Exit(Sender: TObject);
begin
cbb1.Text:=HurufBesar(cbb1.Text);
end;
Dari koding diatas akan meghasilak seperti tampak pada gambar dibawah ini, pertama saat kalimat saya inputkan dalam huruf kecil semuasentencecase-01
nah karena koding saya letakan pada event onExit maka sst kursor meninggalkan object maka fungsi yang kita buat tadi akan tereksekusi, dan hasilnya bisa kita lihat tampak seperti pada gambar ini :
sentencecase-02
Semoga menjadi manfaat bagi yang membaca dan semoga membatu bagi yang membutuhkan…
Bagi yang berminat mendownload contoh project silahkan tinggalkan pesan dan email, saya akan kirimkan linknya
Saran dan kritik , serta komentar selalu saya tunggu terimakasih :) salam Delphier…


Demo Blog NJW V2 Updated at: 17.12

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Popular Posts