Pdf reader delphi7

Posted by

Delphi        : Delphi 7
Database   : –
Koneksi     : –
Komponen : OpenDialog, TWebBrowser
Tambahan : Adobe PDF Reader
*note : untuk spesifikasi perlalatan tempur tidak sama dengan diatas harap menyesuaikan
Kalau kemarin sudah kita bikin membuka file Excel kedalam Delphi sekarang saya coba akan buat tutorial sederhana, yaitu membuka file PDF kedalam delphi juga.
“Buat apa sih buka file PDF ke Delphi segala? kan bisa tuh lewat perintah execute terus buka file”, haha tentu saja ini jadi pertanyaan, kalau saya jawab “buat keren-kerenan aja sih”, nah untuk implementasi terserah sih ya kalau saya biasa buat nampilin semacam file help, atau pada biasa buat lewat html, atau biasa pada buat chm, itu buat yang mahir-mahir sih kalau saya terus terang belum bisa buat yang seperti itu, jadi akal-akalan aja pakek ini teknik :D, kurang lebih seperti ini yang saya pakai pada aplikasiku:
openPDF-00
Nah semacam diatas itulah biasanya saya bikin manual untuk aplikasi :D hehe katro baget dah pokokny yang penting asik, jika ada yang berminat membuat seperti saya diatas caranya sangat mudah dan simple bahkan menggunakan semua komponen bawaan delphi, yang diperlukan adalah (komponen yang saya pasang pada contoh) :
  1. OpenDialog (Dialogs)
  2. Edit (Standard)
  3. Button (Standard)
  4. WebBrowser (Internet)
  5. dan, yang non komponen wajib install Adobe Reader (saya belum coba soft PDF reader lainya macem Foxite dll)
Nah setelah itu susun pada sebuah form dalam project baru, kira kira seperti ini tampilanya, nanti alurnya kita pencet tombol buka, untuk mencari file PDF yang ingin di tampilkan kemudian setelah di pilih akan tampil di form.
openPDF-01
Jika sudah membentuk seperti form diatas, kita isikan poperties Filter pada open dialog seperti dibawah ini, tujuanya untuk memfilter agar file PDF saja yang nanti bisa dipilih.
openPDF-02
Jika sudah, maka kita cukup masukan kode dibawah ini pada button,
1
2
3
4
5
6
procedure Tfutama.btn1Click(Sender: TObject);
begin
 dlgOpen1.Execute; //komponen OpenDialogs
 edpath.Text:=dlgOpen1.FileName;  //komponen TEdit
 wb1.Navigate(edpath.Text);  //komponen WebBrowser
end;
Jika sudah jalankan Aplikasi yang kita buat, tekan tombol, dan pilih dimana file PDF berada…
openPDF-03
Jika mengikuti langkah dan syarat diatas dengan benar, Maka file PDF akan terbuka di form delphi kita…
openPDF-04
Semoga tutorial sederhana ini bermanfaat bagi yang membutuhkan, saran, komentar dan kritik selalu saya nantikan…
Teruslah berbagi dan terus belajar (motivasi buat diri saya)…


Demo Blog NJW V2 Updated at: 17.22

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Gan... kalau menyimpan file pdf di delphi. Bbagai.ana caranya gan jika pakai acrobat reader

    BalasHapus

Text Widget

Popular Posts