Footer SUM DbgridEH

Posted by

Cara mudah untuk mengetahui jumlah suatu field numeric di database yang ditampilkan pada sebuah DbGrid yaitu memanfaatkan fungsi SUM yang berada di footer DbGridEh, untuk komponen silahkan download disini, langsung saja sample yang saya buat menggunakan Delphi 7 + Database MySQL + Zeos..
Tetapi database apapun itu, saya rasa bisa karena ini cuman merupakan fungsi yang berada dalam DbGridEh, Langsung saja setelah melakukan Query Open untuk menampilkan data di Grid, seperti tampak pada gambar dibawah . . .
Sum-1
Saya pernah gagal menampilkan karena kurang settingan ini, thank’s to Bang Buyut Joko Rivai karena telah memberikan revisi sample yang pernah aku buat sehingga tahu letak kesalahan. . .
Langkah pertama yang harus dilakukan (*Penting) masuk ke properties :
dbGridEh > FooterRowCount  > isikan Value  : 1
dbGridEh > SumList>  Ubah menjadi Active
Sum-2
Sum-3
Kemudian pada GridEh
dbGridEh > Klik Kanan  > Columns Editor > Add All Fields / Tampilkan Fileds sesuai yang dibutuhkn saja
Sum-4a
Sum-4b
Setelah Melakukan settingan seperti tersebut diatas maka tampak Grid memiliki row footer pada bagian bawah, tampak seperti gambar di bawah ini . . .
Sum-5
Langkah selanjutnya, masuk ke Object TreeView, pilih dan expand (+) pada object DbGridEh > Columns, kemudian pilih bagian kolom filed apa yang ingin di tampilkan atau yang ingin dijumlah, Lalu lakukan setting tampak seperti gambar dibawah ini . . .
Pada bagian Field kasir untuk menampilkan static text ” Total : ” , sorot field kasir kemudian masuk ke properties Footer, setelah itu rubah setting tampak seperti gambar di bawah . . .
Sum-6
Sum-7
Sama dengan cara diatas, sorot pada filed yang ingin di tampilkan jumlahnya (numeric filed) , masuk ke properties Footer kemudian rubah setting seperti tampak pada gambar dibawah ini. . .
Sum-8
Sum-10
Jika mengikuti langkah dari awal dan settingan benar, maka SUM dari field yang ingin ditampilkan akan muncul pada bagian footer dari DbgridEh . . .
Sum-11
Semoga Bermanfaat :)


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21.47

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Popular Posts