Expand dbgrid

Posted by

Bingung mau kasi judul apa, langsung aja lewat screen shoot yang saya maksud adalah seperti ini . . .
expand-01
Nah jadi kita bisa langsug liat detail tabel yang tentusaja terelasi dalam database, jadi syarat mutlaknya adalah databasenya sudah benar pada contoh ini saya menggunkan contoh sederhana master transaksi dan detail transaksi, cara membuatnya sangat simpel, kita akan membutuhkan 2 GridEh dalam praktik ini, saya akan sebut Grid1 dan Grid2.
Pertama-tama lakukan Query untuk menampilkan Master pada Grid1, sehingga Master data tampil pada Grid1 Seperti gambar dibawah . . .
expand-02
Setelah itu, lakukan setting Properties>RowDetailPanel>Active>True , pada Grid1 tersebut, maka Grid akan tampak memiliki ruangan baru di bawah recordnya seperti tampak pada gambar dibawah ini . . .
expand-03
Langkah selanjutnya ambil komponen Grid2 dam masukan kedalam Kotak Expand dari Grid1yang pertama tadi, jagan kawatir posisinya, agar Terlihat rapi dan menempel pada ruang Expand, set Properties>Align>alClient pada Grid2. maka akan terlihat seperti gambar . . .
expand-04
Setelah selesai Lakukan Query untuk menampilkan data Detail dan arahkan Source ke Grid2, Jika sudah maka langkah reakhir adalah menyisipkan kode berikut pada di dalam Event DbGridEh1 (Grid11) OnCellClick.
1
2
3
TbJualDetail.Active:=False;
TbJualDetail.CommandText:='select * From jualdetail where faktur='+QuotedStr(tbJual['faktur']);
TbJualDetail.Active:=True;
Contoh menggunakan Delphi 7 + ADOConnection + ADODataSet + Access
Untuk Contoh project diatas silahkan Download Disini
Silahkan menyesuaikan dengan komponen lain, caranya sama saja, semoga bermanfaat kawan, salam Delphier . . .


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21.38

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Popular Posts