Multi title dbgridEH

Posted by

Langsung dokumentasi, trick “fresh from the oven” yang baru saja saya dapat dari bang Buyut Joko Rivai, yang baik hati, tidak sombong, dan gemar menabung :D.
Kali ini adalah bagaimana cara membuat multi title (judul bertingkat) pada DbGridEh, grid yang minimalis powerfull kaya fitur dan menjadi andalanku, seperti apakah itu wujudnya, silahkan lihat sample gambar dibawah ini . . .
Multi Title - 01
Nah dah tahukan? ada Title Pelajaran diatas Title nama pelajaran dibawahnya, bagaimana membuatnya? kita tidak perlu koprol dan bilang WOW, caranya ternyata sangat mudah (kalo sudah tau) dan simple karena tidak butuh koding, pertama-tama yang harus dilakukan tentu saja pasang komponen EhLib :D hukumnya Fardhu ‘Ain agar bisa pakai trick ini . . .
Pertama-tama Klik komponen DbGridEh yang sudah terpasang pada sebuah form, dan masuk keProperties>UseMultiTitle, dan ubah value disana menjadi True, maka kita sudah menuju jalan yang benar :D
Multi Title - 02
Next, yang kita lakukan klik pada sebuah judul yang ingin dibuat tingkat nantinya, lihat gambar, saya klik tepat pada judul “ING” yang nantinya akan ada head Titlenya “PELAJARAN”
Multi Title - 03
Langkah selanjutnya dengan meng-click header diatas tadi, segera menuju keProperties>Title>Caption.
Nah ini yang sangat penting pada caption ketikan Head dan subHead dibatasi dengan tanda garis tegak | , bukan huruf i loh ya, perhatikan gambar, saya menuliskan pada caption ” PELAJARAN | ING ” maka akan langsung bisa dilihat hasilnya pada design time . .
Multi Title - 04
Ulangi langkah diatas pada Header yang lain sesuai kebutuhan, maka Kita sukses deh membuat Multi Title, nah sekarang baru saatnya koprol sambil guling-guling :D
Untuk Contoh Sample project diatas silahkan download disini
Semoga bermanfaat kawan, dan menjadi ilmu jariyah aamiin, jangan lupa caci-maki , keripik pedas, dan komeng nya ya..


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21.35

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Popular Posts