Compress file exe compiler delphi7

Posted by

Kali ini saya akan coba berbagi bagaimana cara mengompres file exe program/aplikasi yang kita hasilkan dari compile Delphi dengan menggunakan UPX (Ultimate Package for eXecutable), apa sih nih?? oke penjelasan singkat kadang file hasil compile delphi sangatlah besar terutama delphi yang XE series ada yang form kosongan saja sampai 3 Mb bahkan 7 Mb, nah nutuk mengurangi size tersebut kita gunakan yang namnya UPX, mungkin dalam benak kita bertanya kalau size di reduce mungkin aplikasi ada yang berkurang? atau ada fungsi yang hilang? jawabnya : NOPE, aplikasi kita bakal aman dan kurang suatu apapun untuk lebih jelasnya silahkan baca dan download dulu UPX nya disini.
Oke setelah itu saya akan share bagaimana cara memakainya, setelah mendownload extract atau keluarkan file upx yang berada didalam rar, setelah itu perhatikan gambar
upx-01
Lihat saya punya aplikasi indobaut berekstensi exe tentunya yang size nya hampir 9 Mb sekerang kita akan coba kompres dengan UPX, yang perlu dan penting diperhatikan dalam melakukan kompres adalah :
1. Pastikan File UPX dan File Aplikasi yang ingin di kompres dalam satu lokasi (Directory/Folder).
2. Catat Lokasi File diatas, atau kalau pengen lebih mudah taroh aja di root directory misal C: D: atau terserahlah.
Oia ini buat pengguna Windows ya, buka Command Prompt > bisa dengan shortcut (WIN+R) > ketik CMD > OK
upx-02
Di jendela cmd, ketikan lokasi dimana kedua file yang sudah dijelaskan di atas tadi berada pada contoh di atas saya meletakkannya di E: maka ketikan E: kemudian tekan ENTER,
Setelah Cmd menunjukan ke Lokasi ketikan UPX(SPASI)NAMAFILE.EXE ( lihat contoh pada gambar diatas) lalu tekan ENTER, maka lihat proses samapai selesai seperti gambar dibawah ini :
upx-03
Setelah Proses selesai maka cursor cmd akan menunjuk pada Directory awal, setelah itu lihatlah file yang sudah di kompres tadi, apa yang terjadi??? taraaaaaaa… file indobaut.exe yang tadinya size nya hampir 9 Mb berhasil di kompres dan menjadi 2,6 Mb saja..
upx-04
:) Terimakasih dan semoga selalu bermanfaat untuk sesama, kalau mampir jangan segan comment yah….
Special Thanks kepada mas Ghozali yang mengajarkan cara in


Demo Blog NJW V2 Updated at: 17.19

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Popular Posts