Memberi warna DbgridEH tertentu

Posted by

Ini teknik saya dapatkan dari KPPDI juga, lebih tepatnya dari salah satu Master yaitu Bang Buyut Joko Rivai, karena dari beliulah saya juga kenal dan mulai suka menggunakan komponen dari EhLib ini, salah satu komponen Grid yang simple nan kaya fasilitas..
Teknik ini saya gunakan untuk memberi warna pada record yang sudah mendekati jatuh tempo, atau record yang sudah jatuh tempo, jadi saya menggunakan filter pada date, dan bisa diterapkan untuk kasus-kasus lain..
Saya mempunyai Tabel : Pesan, dengan berbagai field yang dibutuhkan, dan didalamnya terdapat filed tgl_jatuhtempo
Sisipkan code berikut pada event OnAdvDrawDataCell pada DBGridEh
procedure Tfvieworder.DBGridEh1AdvDrawDataCell(Sender: TCustomDBGridEh; Cell,
 AreaCell: TGridCoord; Column: TColumnEh; const ARect: TRect;
 var Params: TColCellParamsEh; var Processed: Boolean);
var
t: String;
begin
//sesuaikan dengan nama field yang ingin dibuat kondisi
t := Column.Field.DataSet.FieldByName('tgl_jatuhtempo').AsString;

 if (qorder.RecordCount<>0) then //cegah error jika tidak ada record
 begin
    if (StrToDate(t)-now<=3) then //kondisi : jika tanggal jatuh tempo kurang dari 3 hari
    begin
    //font style
    Params.Font.Style := [fsBold];
    //warna font
    Params.Font.Color := clWindow;
    //warna cell di grid, untuk mendapat kode warna ambil komponen sembarang klik bagian color
    Params.Background := $004080FF;
    end;
 end;

end;
Kondisi dapat disesuaikan dengan kasus yang dihadapi, jika kode tepat saat program di run maka akan tampakseperti dalam program yang saya buat sebagai berikut

Maka kolom record yang jatuh temponya kurang dari 3 hari akan berwarna sesuai yang kita tentukan…


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21.50

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Popular Posts