Menampilkan database ke combobobox

Posted by

Sebenarnya para master disana akan melakukanya dengan mudah dengan menggunakan komponen-komponen datacontrol yang sudah tersedia, tapi karena seperti TagLine blog ini “NON MASTER” karena saya sediri juga masih nyubi yang terus belajar dan mencoba share pengetahuan saja :-).
Saya akan mencoba menggunakan looping pada database, dan cukup menggunkan komponen ComboBox biasa saja, pada kesempatan kali ini saya menggunkan Database Access di kombinasi dengan Delphi 7, saya rasa di lakukan di Delphi versi lebih ataspun bisa jadi ga perlu bingung hehe…
Pada Contoh yang saya buat Database Access
Tabel : Mhs
Field :
– nim* (text)
– nama (text)
– jurusan (text)
Kemudian saya akan memunculkan daftar nama mahasiswa kedalam ComboBox, sebenarnya tidak hanya nama bisa sesuka kiita bagian field mana yang ingin ditampilkan, silahkan berkreasi dan dikembangkan sendiri sesuai kebutuhan saja..
Komponen yang saya gunakan ADOConnection dan ADOQuery, berikut contoh kodingnya  masukan dalam Event Form OnActivate, Form OnShow, atau apalah yang penting relevan dengan penggunanya…
1
2
3
4
5
6
Qmhs.First;
While not Qmhs.Eof do
begin
 cbNama.Items.Add(Qmhs['nama']);
Qmhs.Next;
end;
Qmhs = ADOQuery dan cbNama = ComboBox
Dari koding diatas maka field yang kita inginkan akan muncul kedalam ComboBox seperti gambar dibawah ini
ComboBox-01
Untuk contoh sederhana program diatas sialhkan download disini.
Salam Delphier, semoga bermanfaat kawan :-)


Demo Blog NJW V2 Updated at: 09.29

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Popular Posts